Bahan Makanan Pokok Pengganti Beras /Nasi

November 01, 2019

Hadirnya makanan cepat saji, bukanlah solusi untuk mengganti makanan pokok, selain kurang baik untuk kesehatan dari sisi ekonomi juga  kurang ekonomis, karena masih banyak makan pokok pengganti yang alami, menyehatkan, ramah lingkungan, lebih ekonomis, dan tentunya bisa mempertahankan makan pokok nusantara.
Sebelum masuk ke pembahasan baham makan pokok pengganti, alangkah lebih baiknya kita kupas dulu apa itu makan pokok.
Makan pokok  adalah makanan yang menjadi gizi dasar. Makanan pokok biasanya tidak menyediakan keseluruhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, oleh karenanya biasanya makanan pokok dilengkapi dengan lauk pauk untuk mencukupkan kebutuhan nutrisi seseorang dan mencegah kekurangan gizi.
Makanan pokok berbeda-beda sesuai dengan keadaan tempat dan budaya, tetapi biasanya berasal dari tanaman, baik dari serealia seperti berasgandumjagung, maupun umbi-umbian seperti kentangubi jalartalas dan singkongRotimi (atau pasta), nasibubur, dan sagu dibuat dari sumber-sumber tersebut.
 Di Indonesia makan pokok sangat beragam, tetapi kebanyakan rakyatnya mengkonsumsi beras, tetapi di beberapa daerah ada yang mengkonsumsi sagu ataupun singkong sebagai bahan makan pokok mereka.
Setiap tahunnya kebutuhan akan bahan pokok makan berupa beras dan jagung mengalamai peningkatan, sedangkan lahan persawahan semakin mengalami penyusutan, di sebakan karena banyaknya lahan yang laih fungsi menjadi pemukiman penduduk, pertokoan, dan kawasan industry.
Kita tentu pernah mendengar sebuah pernyataan bahwa suatu saat kita bisa saja akan mengalami kehabisan beras, ya benar sekali pernyataan yang mendasar, bukan pernyataan kaleng-kaleng, karena yang mengeluarkan statmen seperti itu sudah menganalisanya, karena beberapa faktor seperti yang saya sebutkan tadi.
Terlepas dari benar atau tidaknya pernyataan tersebut, kita bisa mengatasinya dengan cara tidak terlalu bergantung pada beras saja, bagai mana caranya, kalau memperluas lahan pertanian kayak sudah bukan solusi yang tepat, mengurangi pembangunan, juga bukan cara yang tepat, carnya adalah dengan cara perlahan mengganti bahan makan pokok pengganti beras yang memenuhi nutrisi dan gizi dan sebagai sumber karbohidrat.
Ada beberapa bahan makanan pokok pengganti beras.
1.      Jagung.
Jagung atau bahasa latinnya “Zea Mays” Adalah adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi
Makanan hasil olahan jagung, sudag banyak sekali beredar di pasaran, mengkonsumsi jagung bisa dengan berbagai cara olahan, mulai dari di bakar, di rebus, bahakan di olah menjadi tepung jagung.
2.      Kentang.
Kentang dalam bahasa latin di sebut “ solanum tuberosum” adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan.

Kentang termasuk salah satu umbi-umbian yang memiliki karbohidrat, namun jumlah karbohidrat di dalam kentang lebih rendah jika dibandingkan karbihidrat yang ada didlam nasi.
Kentang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti, menjaga kesehatan tulang, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan usus, dan mengobati insomnia (penyakit sulit tidur).
3.      Pisang
pisang kaya akan vitamin, A, C, kalsium dan fosfor, pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah luka lambung, menurunkan kolesterol, mencegah kanker usus, dan menjaga kesehatan jantung.

Pisang juga sangat kaya akan karbohidrat dan protein, tepung pisang dapat digunakan sebagai bahan campuran roti, kue, bubur bayi, ice cream, dan banyak lainnya.
4.      Singkong.
Singkong memiliki kandungan energy yang tinggi, memiliki indek glikemiks yang rendah, sehingga singkong bisa sebgai pengganti bahan makan pokok nasi, dan sangat cocok untuk di konsumsi oleh orang penderita diabetes.
Itulah, beberapa jenis makan yang bisa menjadi bahan makan pengganti makanan pokok sehari-hari kita,



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
michelle
AUTHOR
24 Januari 2020 pukul 14.30 delete

Numpang promo ya Admin^^
ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
dengan minimal deposit hanya 20.000
add Whatshapp : +85515373217 ^_~

Reply
avatar
23 Maret 2024 pukul 13.24 delete

Apa yang membuat umbi kentang menjadi makanan yang penting dalam budaya dan pangan Eropa? Regards Telkom University

Reply
avatar