Cara Mendidik Anak Secara Islami

September 17, 2018
Anak adalah karunia terbesar yang berikan oleh alloh kepada kita, anak merupakan titipan allah  kepada hambanya untuk dijaga dan di besarkan secara syariat islam.
sebagai mana sabda rasulullah SAW. bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Lailaha illalloh dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah lailaha illalloh"
sesungguhnya barang siapa barang siapa yang awal dan akhir pembicaraannya "lailahaillaloh"  kemudian ia hidup seribu tahun, maka dosa apapun tidak akan ditanyakan padanya. (sya'bul iman juz 6 halaman 398 dari ibn abbas)
sehubungna dengan itu mari kita didik anak anak kita dengan cara-cara yang sudah diatur dalam syariat islam, 
berikut cara-cara mendidik anak dalam islam
  1. pada saat anak berusia tiga (3) tahun maka ajarkan lah kepada mereka kalimat tauhid sebanyak 7 kali. kalimat tauhid yaitu kalimat lailahaillalloh
  2. setelah kalimat lailahaillalloh maka ajarkan kembali kalimat muhammadarrosululloh.

selanjutnya bagaimana cara kita mendidik anak untuk melaksanakan shalat.
  1. saat mereka menginjak umur 5 tahun, setelah mereka mengetahui arah, maka tanyalah mereka mana kanan dan kiri, lalu ajarkan lah mereka arah kiblat, ajaklah mereka shalat.
  2. setelah tujuh tahun ajarkanlah cara wudu' yang baik dan benar kemudian ajaklah mereka untuk shalat
  3. kemudian saat berumur 9 tahun, berilah mereka kewajiban untuk menunaikan shalat, dan jika tidak mengerjakannya berilah mereka hukuman yang sepantasnya saja, jangan terlalu berat. karena biasanya pada usia 9 tahun mereka sudah memahami mana aturan salat secara tertib.

itulah cara mendidik anak secara syariat islam
semoga bermanfaat. wassalam.................

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
19 Februari 2024 pukul 17.42 delete

Bagaimana orang tua dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pelaksanaan shalat secara rutin bagi anak-anak? Regards Telkom University

Reply
avatar