Aplikasi E Raport K13

November 15, 2017
Selamat pagi sobat pemabaca R News, kali ini Admini hanya ingin berbagi tentang aplikasi Eraport K13 yang baru saja diluncurkan oleh DitPSMP kemennterian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia, 
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan menjelaskan bahwa penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil belajar dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian.
Proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengembangkan aplikasi e-Rapor K13 utuk SMP yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan penggunaannya.
Hasil  monitoring  dan  evaluasi  pelaksanaan  Kurikulum  2013 tingkat  SMP  pada tahun 2014 menunjukkan  bahwa  salah satu     kesulitan     pendidik     dalam     mengimplementasikan Kurikulum   2013   adalah   melaksanakan   penilaian.   Sekitar 60%  responden  pendidik  menyatakan mereka  belum  dapat merancang,   melaksanakan,    mengolah,   melaporkan,    dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang   dihadapi   pendidik   adalahmerumuskan   indikator, menyusun butir-butir instrumen, dan     melaksanakan penilaian   sikap   dengan  menggunakan berbagai   macam teknik.  Selain  itu,  banyak  di  antara  pendidik  yang  kurang percaya  diri  dalam  melaksanakan  penilaian  keteram pilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam mengembangkan butir-butir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butir-butir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang dikombinasikan dengan keterampilan berpikir tingkat rendah hingga tinggi.
download aplikasi Eraport K13  dan panduannya  Aplikasi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »