Pendidikan indonesia,
Guru Pembelajaran: Memberi pertanyaan kepada siswa merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan belajar mengajar, karena metode apapun yanh digunakan dalam mengajar, apapun tujuan yang ingin dicapai dan bagaanapun keadaan siswa yang dihadapi, maka memberikan pertanyaan kepada siswa adalah hal yang tidak bisa di tinggalkan, karena pertanyaan yang diajukan kepada siswa pada dasarnya bertujuan agar siswa lebih giat dalam belajar dan lebih fokus terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru pembelajaran.
Guru Pembelajaran: Memberi pertanyaan kepada siswa merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan belajar mengajar, karena metode apapun yanh digunakan dalam mengajar, apapun tujuan yang ingin dicapai dan bagaanapun keadaan siswa yang dihadapi, maka memberikan pertanyaan kepada siswa adalah hal yang tidak bisa di tinggalkan, karena pertanyaan yang diajukan kepada siswa pada dasarnya bertujuan agar siswa lebih giat dalam belajar dan lebih fokus terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru pembelajaran.
Akan tetapi memberikan pertanyaan kepada siswa agar berpengaruh positif tidaklah mudah, banyak guru memberikan pertanyaan kepada siswa malah siswa menjadi bingung bahkan menjadi malas belajar, hal ini sebabkan karena mungkin guru terlalu sering memberikan pertanyaan shingga menyebabkan siswa menjadi bosan, atau mungkin pertanyaan tidak sesuai dengan materi yang dipelajari.
Memberi pertanyaan perlu adanya latihan dari guru Pembelajaran secara rutin sehingga diharapkan guru dapat menguasai dan melaksanakannya, sebab memberi pertanyaan yang efektif dan efesien bisa menimbulkan perubahan tingkah laku, baik dari Guru maupun siswa, dari guru yang sebelumnya aktif memberikan informasi akan berubah menjadi banyak mengundang interaksi siswa, sedangkan dari siswa yang sebelumnya hanya pasif mendengarkan keterangan guru akan berubah menjadi lebih banyak berinteraksi dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat pendapat hal ini akan menimbulkan cara belajar siswa yang aktif (CBSA) yang berkadar tinggi.
Manfaat memberikan pertanyaan kepada siswa.
Menggunakan keterampilan bertanya yang tepat memiliki manfat bagi guru Pembelajaran maupun siswa manfaatnya yaitu:
Menggunakan keterampilan bertanya yang tepat memiliki manfat bagi guru Pembelajaran maupun siswa manfaatnya yaitu:
- Akan dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap pokok bahasan yang akan dibahas.
- Dapat memusatkan perhatian siswa terhadap pokok bahasan
- Dapat mengembangkan keaktifan belajar dan berfikir siswa
- Mendorong siswa untuk mengemukakan pendapatnya yang berhubungan dengan bahasan pelajaran yang di bahas
- Dapat sebagai umpan balik bagi guru untuk mengetahui sejauh mana hasil prestasi belajar siswa selama proses belajar mengajar.
- Dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam menemukan, mengorganizir dan menilai informasi yanh pernah di dapat sebelum nya.
EmoticonEmoticon