Tugas Pokok Operator Aplikasi Dapodik di sekolah

September 22, 2017

PMP, pemetaan mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh LPMP sudah berjalan dalam beberapa tahun tahun trahir ini, tujuannya adalah untuk untuk memberikan gambaran tentang capaian pemenuhan standar nasional pada satuan pendidikan  dari  mulai tingkat satuan pendidikan kabupaten/kota, provinsi dan nasional.
Setelah rilis aplikasi PMP banyak bertanya apakah sekolah wajib mengisi PMP ?.
Di lihat dari tujuan pengentrian pmp tadi maka setiap sekolah wajib untuk mengisi PMP untuk melakukan pemetaan mutu satuan pendidikan sebagai bagian dari pelaksanaan system penjamin mutu pendidikan.  Karna jika sekolah tidak mengisi data PMP maka konskwensinya adalah sekolah tidak bisa mengetahui profil mutu sekolah dalam rangka perbaikan mutu untuk pencapaian atau melampaui SNP.
Lalu siapakah yang punya kewajiban untuk mengisi data PMP? Dalam instrument telah dijelaskan bahawa yang mengisi kuisioner PMP adalah kepala sekolah, pengawas, guru, siswa, komite, dan orang tu siswa/wali. Apakah operator sekolah di sebutkan dalam instrument ??
Lalu apakah tugas dari operator sekolah itu,
  1. Mencetak formulir data PTK dan data siswa
  2. Install aplikasi dapodik
  3. Entry data dapodik
  4. Mengirim data yang sudah valid
  5. Mencetak prefil sekolah
  6. Perbaikan data.
Inilah tugas pokok dari operator sekolah, di luar tugas pokok atau kewajiban seorang operator sekolah bisa saja di hitung uang lembur,,



Artikel Terkait

Previous
Next Post »