Ciri Ciri Orang Yang memiliki Integritas Diri. Pendidikan Indonesia

Oktober 28, 2017
Integritas adalah kesamaan
antara kata dan perbauatan, orang yang  memiliki integritas adalah orang yang omongannya bisa dipegang, missal A adalah A dan B adalah B, tidak akan pernah berubah.

Integritas diri adalah suatu pemahaman yang membuat terwujudnya  pemenuhan yang seimabang dan sinergis terhadap semua kebutuhan-kebutuhan mannusia, missal nya terpenuhi kebutuhan  terhadap makanan, prestasi sekolah, pergaulan, pelaksanaan ibadah, dan keikut sertaan dalam kegiatan sosial  kemasyarakatan.
Integritas diri memungkinkan semua perasaan di ungkapkan dengan kejujuran dan ketulusan meskipun kita harus melaksanakan  sesuatu yang tidak menyenangkan,  jiuka kita melakukannya dengan alas an yang benar.
Hidup yang terintegritas  adalah hidup yang terpenuhi kebutuhan dasar secara seimbang , dalam kehidupan sehari-hari , kita perlu mengupayakan agar kebutuhan jasmani, intlektual, rohani, sosial dan emosional terpenuhi secara seimbang, apa bila kita mampu mewujudkan integritas diri kita sendiri aka nada banyak manfaat yang akan kita dapat, misalnya
  1. Secara fisik kita akan merasa sehat dan bugar, kita selalu siap untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari  hari adalah menjaga kesehatan dan kebugaran fisik akan berpengaruh pada kondisi mental.
  2. Secara intelektual, kita dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir  kita,  otak kita terlatih untuk berpikir secara ilmiah, terlatih untuk emnganalisis, dan terlatih untuk membuat kesimpulan yang logis dan rasional, selain itu kita dapat mengolah data dan informasi yang kita terima sehingga kita bisa mebedakan mana  informasi yang benar dan mana informasi yang Hoax,  orang yang mampu melakukan penelitian dan menghasilkan berbagai karya ilmiah adalah orang yang berhasil mengembangkan  kemampuan intelektual  nya dengan baik.
  3. Secara emosional, kemampuan EQ dalam diri seseoarang akan dapat membuat seseorang menjadi penuh motivasi, sadar diri, simpati, solidaritasnya tinggi, dll
  4. Secara spiritual,  kecerdasan  spiritual membuat seseorang  dapat melihat kenyataan atau fenomena kehidupan dalam persfektif yang lebih dalam, utuh dan menyeluruh, dalam mengatasi  keragaman dan perbedaan yang dihadapi.
  5. Secara sosial. Kita semakin mampu mengembangkan hubungan yang baik anatara yang satu dengan yang lainnya, selalu menjaga kebersamaan dan kerja bersama sama, hal tersebut membuat kita untuk ikut membantu sehingga kita merasa berharga dan bermanfaat bagi orang lain.
Itulah manfaat yang bisa kita dapat kan jika kita bisa mewujudkan integritas diri kita dengan baik, adapun cirri-ciri orang yang memiliki integritas itu akan tampak berbeda dengan orang yang tidak menjaga integritasnya, missal orang yang memiliki integritas yang tinggi akan tampak seperti
  1. Selalu tampil dengan fisik yang segar dan bugar.
  2. Orangnya dapat diandalkan secara intelektual
  3. Tidak mudah terbawa emosi, sabar, dan uat dalam menghadapi tantangan.
  4. Memiliki kehidupan rohani yang baik.
  5. Senang bargaul.  Suka bermasyarakat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »