Pendidikan karakter dalam perayaan Maulid

Desember 03, 2017
Pendidikan agama islam
Makna perayaan maulid nabi muhammad SAW.
Setiap bulan rabiul awal tanggal 12, ummat islam merayakan hari kelahiran baginda nabi muhammad SAW, sebagai rasa syukur yang tak terhingga atas lahirnya manusia pembawa perubahan dimuka bumi ini.
Setiap tahunnya perayaan maulid khususnya di pulau lombok identik dengan di adakan nya pengajian disetiap masjid, dan banyak jajanan khas lombok  yang dihidangkan, bayangkan jika lombok yang terkenal dengan julukan pulau seribu masjid, hampir setiap hari selama satu bulan orang merayakan hari kelahiran baginda nabi SAW.

Ada banyak manfaat dan pelajaran yang dapat kita petik dari perayaan maulid ini, bagaimana kita bisa mencontoh sifat nabi sebagai suri tauladan yang baik, kita bisa mencontoh kesederhanaan dan kesabaran  rasululloh dalam menjalani kehidupan, sebagai mana dikisahkan bahwa rasulullah sejak lahir sudah di tinggal oleh ayahandanya dan tak berselang lama beliaupun di tinggal oleh sang ibunda.
Itulah kesabaran beliau dalam menjalni kehidupan, bukan hanya ity dikalangan kaumnya rasulullah juga diberi gelar al amin, artinya orang yang bisa dipercaya, jauh sebelum beliau menjadi nabi dan rasul beliau sudah di gelari al amin/orang yang bisa dipercaya. Karena begitu jujurnya beliau kepada setiap orang, bahkan ketika beliau berdagang membawa barang siti khadijah yang kemudian jadi istri beliau, beliau tidak sedikitpun menipu para pembeli dan majikannya.
Itulah beberapa sifat yang dapat kita tiru diantara banyak sifat yang dimiliki oleh baginda rasulullah SAW, intinya dalam menjalani hidup ini mari kita terapakan dalam diri kita keempat sifat nabi dan rasul yaitu Siddik amanah tabliq fatanah, insya alloh kita terhindar dari segala tipu daya duniawi, aminn,

Artikel Terkait

Previous
Next Post »